Bisnis Rental Mobil Medan Yang Mudah Ditiru

Rental mobil medan – Memulai bisnis dan bisnis sewa mobil untuk saat ini sangat menjanjikan dan sebaiknya pelajari secara mendalam bagaimana cara menghitung modal dan berapa keuntungan yang akan diperoleh.

Tak heran jika dengan menyikapi pertumbuhan sosial ekonomi masyarakat saat ini yang membutuhkan mobilitas tinggi, bisnis di bidang jasa, seperti persewaan mobil, layak diincar sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Nah, jika Anda masih baru mengenal bisnis rental mobil medan dan ingin terjun langsung menjalankannya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

Bisnis rental mobil medan yang mudah ditiru

Mengutip teks legenda bisnis Bob Sadinoe, bahwa bisnis yang baik adalah permulaan, bukan permintaan yang konstan. Kata-katanya sangat sederhana, tetapi kalimat tersebut memiliki makna yang cukup dalam. Jadi intinya disini adalah bahwa modal utama untuk memulai usaha bukanlah modal material berupa uang, melainkan tekad yang kuat.

Nah, bila komponen itu ada di dalam diri Anda, artinya Anda sudah siap untuk memulai bisnis. Saat Anda siap, Anda perlu mengatur strategi bisnis Anda segera. Strategi dasar yang dapat diterapkan adalah:

  • Pilih lokasi yang strategis agar mudah diakses oleh semua orang.
  • Selidiki mobil apa yang menjadi favorit orang.
  • Carilah kendaraan yang perawatan dan suku cadangnya mudah ditemukan agar biaya pengoperasian tidak terlalu tinggi.
  • Cobalah cari asuransi kendaraan untuk mengurangi risiko kerugian yang mungkin Anda alami.
  • Selalu siapkan kendali penuh agar data konsumen selalu terekam dengan baik.
  • Untuk meningkatkan jumlah pelanggan, Anda perlu membangun jaringan sebanyak mungkin.
  • Jika Anda membutuhkan sopir, pilihlah yang bertanggung jawab, disiplin, dapat diandalkan, dan tidak sembrono dalam bekerja.
  • Terakhir adalah perhitungan modal dan kemungkinan keuntungan.

Ada beberapa faktor yang menentukan keunggulan bisnis rental mobil. Nah, dalam hal menghitung modal dan keuntungan, Anda harus selalu berhati-hati dan teliti.

Mereka mengabaikan modalnya karena kebanyakan dari mereka adalah pengusaha baru yang hanya menghitung keuntungannya. Padahal modal juga bisa menentukan untung atau gagalnya sebuah bisnis. Untuk dapat menghitungnya perlu memperhatikan faktor-faktor yang berhubungan dengan modal.

  1. Beli mobil baru atau bekas

Secara umum masyarakat lebih menyukai mobil baru daripada mobil bekas. Tidak hanya bagus, ia memiliki biaya perawatan yang rendah setidaknya selama tiga tahun dan Anda tidak perlu membayar banyak uang. Ditambah dengan asuransi yang mudah dirawat meski mobilnya baru. Nah, jika harga mobil bekas lebih murah, masih ada aksesoris lain seperti kaca film.

  1. Beli mobil dengan kredit atau uang tunai

Masalah pembelian sama pentingnya. Karena tidak ada beban asuransi bulanan, sangat mudah untuk membeli mobil tunai. Selain itu, jika Anda menunggak membayar, Anda juga akan terhindar dari debt collector. Membeli mobil dengan kredit tentunya cocok untuk mereka yang bermodal minim.

Namun, lebih mudah untuk bekerja di dalam mobil, sama seperti lebih mudahnya membayar dengan mencicil setiap bulan. Nah, setelah mempertimbangkan hal ini dengan cermat, langkah selanjutnya adalah menghitung potensi keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Comtoh Anda memiliki kredit mobil baru sebesar Rp 200.000.000,00. Kendaraan bisa disewa tanpa supir. Berapa keuntungan Anda dalam dua tahun? Anda pasti bisa menghitung sendiri keuntungan yang akan di peroleh dalam waktu tersebut. apalagi target pasar Anda sudah ada, itu akan jauh lebih menguntungkan nantinya.

  1. Resiko dan kendala yang perlu dihadapi

Perlu Anda ketahui bahwa bisnis persewaan ini juga memiliki beberapa kendala. tentu resiko yang akan terjadi tidak kecil. karena mobil yang Anda pinjamkan akan di bawa langsung oleh penyewa. berikut ini beberapa kendala yang akan terjadi.

  • Mobil cukup beresiko hilang atau dibawa pergi penyewa.
  • Mobil rusak secara fisik / kecelakaan / tergores dan masalah lainnya.
  • Kekurangan pesanan atau penurunan penyewa.

Masalah mobil dibawa pergi sebenarnya bisa dicegah dengan meminta uang muka dengan KTP penyewa, atau paling tidak mengetahui profil penyewa secara akurat. Selain itu, Anda dapat memasang perangkat keamanan seperti GPS untuk memantau lokasi mobil Anda.

Asuransi mobil bisa mengatasi masalah kerusakan mobil. Sebelum Anda mendapatkan asuransi, Anda perlu memahami asuransi terlebih dahulu agar tidak ditolak saat melakukan klaim.

Beberapa keuntungan perusahaan yang mencoba rental mobil medan

Semua perusahaan dan kantor pasti membutuhkan sarana operasional. Memenuhi kebutuhan kendaraan operasional setingkat manajemen, karyawan, tamu, logistik dan aktivitas lainnya. Bergantung pada besarnya investasi pada kendaraan operasional, perusahaan harus melakukan perhitungan sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan operasional tersebut.

Neraca ini bisa membengkak karena salah perhitungan atau investasi kendaraan. Menggunakan jasa rental mobil mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untuk menjawab permasalahan kendaraan yang dioperasikan oleh kantor. Berikut beberapa keuntungan menggunakan jasa rental mobil daripada membeli mobil untuk operasional oleh banyak perusahaan:

  1. Tidak perlu membayar pajak atau mengasuransikan

Dengan cakupan penuh oleh penyedia layanan persewaan mobil, perusahaan tidak lagi harus mengelola dokumen mobil dan pajak tahunan. Kalau soal asuransi, semuanya dilakukan oleh penyedia jasa rental mobil, sehingga perusahaan bahkan tidak perlu memproses atau melaporkan klaim.

  1. Tidak harus mengeluarkan biaya besar

Ratusan juta diperlukan untuk setiap unit kendaraan yang beroperasi. Jika menyewa, tentunya perusahaan hanya harus mengeluarkan jutaan untuk kontrak satu bulan hingga satu tahun. Modal untuk membeli satu mobil dapat dialokasikan untuk menyewa banyak mobil dalam jangka waktu yang lama. Selain lebih hemat biaya, perusahaan juga bisa lebih fokus mengembangkan usahanya.

  1. Mobil selalu dalam kondisi prima

Maintenance adalah area penyedia jasa, sehingga dijamin kendaraan akan selalu diinspeksi sebelum bisa digunakan oleh perusahaan penyewa. Sebagian besar mobil sewaan juga merupakan mobil seri baru dan jenis baru. Jika Anda mengalami masalah, ganti mobil lain.

  1. Menghemat biaya perawatan

Perusahaan tidak lagi harus mengeluarkan uang untuk biaya perawatan kendaraan atau membeli suku cadang jika terjadi kerusakan. Sekali lagi, itu adalah tanggung jawab penyedia jasa rental mobil. Perusahaan yang mengetahui bahwa mereka menggunakan kendaraan untuk operasi layanan mereka.

  1. Sopir dan parkir

Biasanya penyedia jasa rental mobil menawarkan fasilitas ini, sehingga perusahaan tidak perlu mencari supir. Termasuk parkir kendaraan. Setelah digunakan oleh perusahaan, mobil tersebut dapat dikembalikan ke penyedia layanan.

  1. Ganti mobil jika perlu

Kebutuhan kendaraan operasional bervariasi. Membeli berbagai jenis kendaraan tentunya sangat melelahkan dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bekerja sama dengan penyedia jasa rental mobil adalah pilihan yang tepat.

Perusahaan dapat mengganti mobil sesuai kebutuhan. Mulailah dengan MPV, sedan,dan bahkan van komersial. Khusus untuk mobil van, Toyota Hiace bisa dipilih sebagai kendaraan operasional kantor.  Desain eksterior yang elegan menjadikan Toyota Hiace sebagai mobil andalan untuk operasional kantor.

Keunggulan lain dari Toyota Hiace adalah interiornya. Kabin mobil ini begitu luas sehingga kenyamanan perjalanan menjadi keunggulannya. Dengan suspensi yang empuk, mampu untuk menampung hingga 15 orang tanpa terasa guncangan saat melewati medan yang sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *